Rakor Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode Maret 2021

Kajen, kpu.pekalongankab.go.id-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan  mengadakan  Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021, Senin (05/04/2021), ini adalah rapat koordinasi yang kedua setelah tahapan Pemilihan selesai, Rakor pertama dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2021. Rapat diadakan di Kantor KPU Kabupaten Pekalongan dengan turut melibatkan Pemangku kepentingan terkait termasuk Dindukcapil, Polres Pekalongan, Polres Pekalongan Kota , Kodim , Bawaslu, Dinas Sosial, Kemenag dan Komisi I DPRD Kabupaten.

Dalam Rapat tersebut Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal menyampaikan, Pemutakhiran Daftar pemilih merupakan hal yang sangat penting oleh karena itu diperlukan koordinasi yang baik dengan pihak pihak terkait supaya Validitas Daftar Pemilih dapat dipertanggung jawabkan “.

Abi Rizal  menyebutkan KPU Kabupaten Pekalongan juga akan melakukan Perjanjian kerjasama dengan Dindukcapil Kabupaten Pekalongan dalam kaitanya dengan sinkronisasi data penduduk Kabupaten Pekalongan. Perjanjian kerjasama tersebut penting dilakukan sebagai dasar kerjasama open data antara Dindukcapil dengan KPU sehingga tidak menyalahi undang-undang kependudukan

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan menyampaikan bahwa Pemilu 2019 alokasi kursi DPRD Kabupaten Pekalongan sebanyak 45 kursi, hal ini disebabkan jumlah penduduk Kabupaten Pekalongan dikisaran 500.000 sd 1.000,000, apabila dalam Pemilu 2024 jumlah penduduk lebih dari 1.000.000 jiwa maka jumlah alokasi kursi DPRD menjadi 50 kursi.

KPU Kabupaten Pekalongan berkoordinasi dengan TNI-Polri terkait dengan pencabutan Hak pilih bagi anggota TNI-Polri baru dan pemberian kembali hak pilih bagi anggota TNI-Polri yang sudah pensiun.

KPU kabupaten Pekalongan meminta kepada warga masyarakat untuk lebih berperan aktif dalam updating data pemilih, dapat dengan memberi  laporan dan masukan langsung ke kantor KPU Kab. Pekalongan atau dapat secara online melalui link bit.ly/KPUPKLformMasukanMasyarakat.

Atau bisa menghubungi ke No Telp : 0852 2559 5734 ( Media Center )